Roti Susu Jepang

Roti susu Jepang adalah jenis roti yang terbuat dari sejenis susu yang dikenal dengan nama kedelai. Enak disantap dan bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Apakah Anda sedang mencari suguhan untuk sarapan atau makan siang, atau makanan ringan untuk dimakan dengan minuman favorit Anda, Anda dapat menemukan berbagai jenis roti susu Jepang untuk dipilih.

cara membuat Roti Susu Jepang

Roti Susu Jepang adalah makanan pokok sarapan yang populer di Jepang. Rotinya memiliki kerak lembut yang unik dan dibuat dengan berbagai bahan. Anda bisa membuat roti ini di rumah hanya dengan beberapa bahan sederhana.

Rotinya sendiri memiliki banyak keunggulan, termasuk bagian dalamnya yang empuk, bagian luarnya yang lembap, dan rasa yang agak manis. Ada beberapa rasa yang bisa dipilih, dan Anda bahkan bisa memodifikasinya menjadi vegan. Cara membuatnya juga cukup mudah. Tidak seperti banyak roti lainnya, jenis roti ini merupakan pilihan sarapan yang enak, karena tidak terlalu berat dan sangat bergizi.

Salah satu fitur paling menarik dari roti jenis ini adalah hal terkecil yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rasa. Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan starter roux berbahan dasar tepung tangzhong, yang menghasilkan roti yang empuk. Starter roux membuat semua perbedaan.

Fitur lain yang menarik adalah fakta bahwa roti dapat diiris. Cara yang paling umum adalah menggunakan pisau, tetapi Anda juga bisa menggunakan pemotong roti. Jika Anda ingin benar-benar mewah, Anda bahkan dapat menggunakan mesin roti untuk mengiris roti untuk Anda. Alternatifnya, Anda dapat memilih untuk membuat beberapa lusin roti sekaligus dan kemudian membekukannya. Ini adalah cara yang bagus untuk menghemat waktu dan uang, dan merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak.

Terakhir, roti memiliki sejumlah warna berbeda untuk dipilih. Selain warna roti khas asli, Anda bisa menggunakan warna pastel dan bahkan resep bebas tan. Variasi ini sangat populer di Jepang, dan bisa sangat menyenangkan untuk dimainkan. Namun, jika Anda mencari makanan yang cepat dan mudah, Anda mungkin ingin tetap menggunakan Roti Susu Jepang klasik.

Dengan resep dan alat yang tepat, Anda dapat menikmati Roti Susu Jepang terbaik dalam waktu singkat. Sementara Anda melakukannya, Anda juga bisa melihat makanan sarapan Jepang populer lainnya seperti sanuk dan ramen.

bahan bahan Roti Susu Jepang

Roti susu Jepang (atau Otang) adalah roti putih yang lembut, cocok untuk sandwich dan roti panggang. Itu bisa dibuat dengan mudah.

Untuk membuat roti susu Jepang, Anda membutuhkan dua bahan: tepung dan air. Ini dicampur untuk membuat pasta tepung. Kandungan cairan yang tinggi pada pasta membuat roti menjadi lembab dan mengembang.

Pasta didinginkan hingga suhu kamar. Selanjutnya dicampur dengan adonan roti yang diperkaya. Saat digabungkan, itu membuat roti yang montok.

Tekstur produk jadi merupakan hasil dari teknik yang disebut tangzhong. Tangzhong adalah campuran air panas dan tepung. Dengan memanaskan tepung, pati yang tergelatinisasi mengembang dan menyerap lebih banyak air, menghasilkan roti yang lebih lembap dan mengembang.

Teknik tangzhong telah digunakan selama berabad-abad untuk membuat makanan Cina, Korea, dan Jepang. Hari ini, digunakan untuk membuat roti susu juga.

Umumnya, metode yudane bukanlah resep tradisional shokupan. Sebaliknya, ini adalah metode yang menghasilkan roti yang lembut, empuk, dan lebih manis dari sebelumnya. Di Jepang, metode yudane telah digunakan untuk membuat berbagai jenis roti.

Anda juga bisa mencampur adonan di mesin roti. Untuk cara ini, masukkan semua bahan ke dalam pengaduk adonan lalu biarkan tercampur selama 20 menit. Setelah adonan roti yang diperkaya terbentuk, masukkan adonan ke dalam loyang roti yang sudah diolesi minyak. Tutup dengan bungkus plastik dan biarkan adonan mengembang. Proses ini bisa memakan waktu beberapa jam atau semalaman.

Setelah adonan menjadi dua kali lipat, siap untuk dipanggang. Roti harus dipanggang dengan api sedang-tinggi selama sekitar 30 menit. Kemudian dapat dibiarkan dingin selama beberapa menit. Setelah itu bisa diiris. Ini akan disimpan selama sekitar tiga hari. Jika Anda ingin membuat adonan terlebih dahulu, Anda bisa membiarkannya selama beberapa hari di lemari es.

Cara lain untuk membuat shokupan adalah dengan menggunakan metode tangzhong atau yudane. Namun resep shokupan asli tetap memiliki rasa dan tekstur terbaik.

bahan isian japanese milk bread

Di Jepang, roti susu adalah menu sarapan tradisional, dimakan sebagai lauk sup atau sebagai sandwich. Roti putih ini lembut, halus, dan memiliki bagian dalam yang lembut.

Meskipun cara tradisional membuat roti susu Jepang adalah dengan menggunakan loyang roti biasa, Anda dapat membuatnya dengan beberapa cara lain. Misalnya, Anda bisa memanggangnya menjadi roti gulung yang lebih kecil dan lembut di dalam baki muffin. Anda juga bisa menyajikannya sebagai pelengkap ramen.

Setelah Anda membuat adonan, biarkan selama sekitar delapan jam di lemari es. Kemudian, bentuk menjadi roti dan masukkan ke dalam oven. Tempatkan loyang roti di rak bawah. Pastikan ujung-ujungnya setidaknya berjarak enam hingga tujuh inci dari elemen pemanas atas.

Untuk menyiapkan adonan, Anda bisa menggunakan roux tepung dan air. Semakin banyak air yang ditambahkan, roti akan semakin pulen. Anda juga bisa menggunakan penambah adonan yang akan membuat roti tetap segar untuk waktu yang lama.

Setelah adonan dibentuk dan dibiarkan mengembang, Anda bisa menambahkan bahan lainnya. Misalnya, Anda bisa menambahkan mentega ke dalam adonan roti. Atau Anda bisa menambahkan kismis, almond, atau ceri ke dalam roti susu Hokkaido.

Langkah selanjutnya taburi adonan dengan garam dan sedikit gula. Biarkan di atas meja setidaknya selama 30 menit.

Setelah itu, Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari es untuk beristirahat selama beberapa jam. Ini akan terus meningkat dalam semalam. Jika Anda berencana untuk memotongnya menjadi irisan, Anda harus mendiamkannya selama dua jam lagi.

Terakhir, Anda bisa memotong roti menjadi irisan dan memanggangnya. Selain disajikan sebagai pilihan sarapan, roti susu Jepang juga dinikmati setiap hari di Jepang sebagai roti sandwich. Selain teksturnya yang lembut dan rasanya yang sedikit manis, ia juga memiliki remah yang creamy.

Tidak seperti roti pedesaan lainnya yang lebih hangat, roti susu Jepang lembut dan halus. Teksturnya yang lembab membuatnya ideal untuk roti bakar.

cara mengolah

Roti susu Jepang adalah makanan pokok Asia. Ini disajikan di banyak toko roti, tetapi juga dapat ditemukan di menu banyak restoran Jepang kontemporer. Ada beberapa gaya berbeda dari roti lezat ini. Roti ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Mereka dapat dibuat dengan beberapa bahan berbeda. Salah satunya disebut ‘metode roux Tangzhong’, yang menghasilkan sepotong roti yang lembut.

Gaya lainnya adalah pasta tepung yang disebut Yudane, yang ditambahkan ke dalam adonan. Pasta ini memiliki kandungan cairan yang tinggi, yang membantu menciptakan lebih banyak kantong udara di dalam adonan. Dengan cara ini, roti yang sudah jadi memiliki tekstur yang lembut.

Beberapa roti susu Jepang dibuat dengan mentega. Mereka dapat ditimbang dengan tangan atau mesin, dan dapat dimasak dalam oven selama sekitar 20 menit. Kerak roti ini berwarna keemasan, dan bagian dalamnya lembab. Versi lain dari roti ini dikenal dengan nama shokupan, berbentuk seperti balok persegi atau persegi panjang.

Versi lain dari roti susu Jepang disebut ‘roti susu Hokkaido’, yaitu roti yang ringan dan lembut. Itu bertatahkan kismis dan almond. Seperti mitranya, ini sering disajikan di konter toko swalayan Jepang.

Bentuk roti susu populer lainnya adalah ‘Shokupan’, yang berbentuk seperti balok persegi atau persegi panjang. Teksturnya lebih lembut dan kenyal dan dinikmati setiap hari di Jepang. Biasanya dimakan sebagai roti bakar sarapan. Namun, terkadang juga digunakan sebagai roti sandwich. Jika Anda sedang mencari roti yang enak dan ringan untuk disajikan untuk makan malam, Anda pasti ingin mencoba resep ini.

Meskipun ada beberapa metode memanggang roti jenis ini, cara yang paling tradisional adalah menggunakan loyang roti biasa. Tepi loyang roti harus berjarak minimal 6 inci dari elemen pemanas atas di dalam oven. Ini akan memastikan bagian bawah roti terangkat dan tidak gosong.

Apakah Anda sedang mencari sepotong roti yang enak untuk dibuat di rumah, atau Anda ingin mencoba salah satu varietas lezat yang tersedia di restoran Jepang modern, resep ini adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Updated: Januari 8, 2023 — 12:58 am